Wednesday, August 25, 2010

qunut dalam solat terawikh

.


salam 15 ramadhan. Alhamdulillah syukur ke hadrat ilahi sudah setengah ramadhan kita melaluinya. So jom cek graf amalan ibadah kita. Sama ada turun o naek. If turun ALLAH masih bagi kita peluang untuk meningkatkannya pada malam 10 ramadhan terakhir. Yukk kita berlumba2 mendapatkan lailatul qadr.

Alhamdulillah hampir 5 malam saya bersolat terawikh bersendirian dek hambatan kesibukan dunia. Hari ini alhamdulillah saya tidak bersendirian kerna ditemani 2 sahabat saya bagi mengerjakan solat terawikh secara berjemaah. Syukur ya ALLAH bagi peluang kepada kami merasakan ukhwah dan beribadah kepadamu pada malam2 terakhir ramadhan. Sungguh malam ini hatiku sangat tersentuh dan senstif. Mengajar aku untuk lebih berhati2 semasa bercakap. Diam lebih baik dari itu.

malam 16 ramadhan. Bicara pasal qunut. Sahabat ku bertanya, "kenapa nabilah baca qunut tyme solat terawikh". Bicara ku dengan lembut. "16 ramadhan kan ". Diam ku, lidah kelu dari bercakap. Hati berbisik "Tak silap hanya mazhab syafie yang amalkan qunut dalam witir bermula malam 16 ramadhan". jawabku pada sahabat untuk memuaskan hatinya "i'll check pada pak google..later i tell u. Sebab selalu malam 16 ramadhan memang kat rumah baca qunut". taqlid semata2 tanpa mengetahui sumber~~oh nabilah kene ngaji la pas nie pasal mazhab sayfie~~kan da berserabut.ngaji lagi selain 4 mazhab 2..Yang kutahu hanya mazhab syafie yang mengamalkan qunut dalam solat witir. Pak google sila bagitahu i pendapat 3 mazhab 2??




pak google said :

1. Abu Hanifah mengatakan bahwa qunut didalam shalat witir adalah wajib dilakukan sebelum ruku’.Dua sahabatnya, Abu Yusuf dan Muhammad, mengatakan bahwa hal itu adalah sunnah dilakukan sebelum ruku’.

2. Para ulama Maliki dalam pendapatnya yang masyhur serta Thawus dan juga riwayat dari Ibnu Umar menyebutkan bahwa qunut tidaklah disyariatkan didalam shalat witir. Dari Thawus disebutkan bahwa dia mengatakan,”Qunut didalam shalat witir adalah bid’ah.” dari Ibnu Umar bahwa dirinya tidaklah melakukan qunut didalam setiap shalat. Dan yang masyhur dari madzhab Maliki ini adalah dimakruhkan melakukan qunut didalam shalat witir. Ada juga riwayat dari Malik yang menyebutkan bahwa dia melakukan qunut di dalam shalat witir pada pertengahan akhir di bulan Ramadhan.

3. Para ulama Syafi’i didalam pendapatnya yang paling shahih adalah dianjurkan untuk melakukan qunut didalam shalat witir pada pertengahan akhir di bulan Ramadhan khususnya. Apabila seseorang melakukan shalat witir dengan satu rakaat maka hendaklah dia melakukan witir didalamnya dan jika dia melakukan witir dengan rakaat yang lebih dari satu maka hendaklah dia melakukannya pada rakaat terakhir. Ar Rofi’i berpendapat bahwa secara lahiriyah dari perkataan Syafi’i adalah memakruhkan qunut di luar pertengahan akhir dari bulan Ramadhan. Adapun tempat melakukan qunut didalam shalat witir adalah setelah mengangkat kepalanya dari ruku’, inilah pendapat yang benar dan masyhur. Adapun lafazh qunut didalam shalat witir seperti didalam shalat shubuh.

4. Para ulama Hambali mengatakan bahwa disunnahkan untuk melakukan qunut pada satu rakaat terakhir dari shalat witir setelah ruku’, sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairoh dan Anas bahwa Nabi saw melakukan qunut setelah ruku’” Ibnu Qudamah mengatakan,”…. Disyariatkan untuk melakukan qunut didalam shalat witir seperti pertengahan akhir dari bulan Ramadhan…” Seandainya seseorang bertakbir dan menagangkat kedua tangannya setelah membaca (surat) lalu melakukan qunut sebelum ruku’ maka itu dibolehkan, sebagaimana riwayat dari Ubai bin Ka’ab bahwa Rasulullah saw pernah melakukan qunut didalam shalat witir sebelum ruku.’” (al Mausu’ah al Fihiyah juz II hal 12333 – 12336)

Wallahu A’lam

Wahabi g mana dong??bukan wahabi ya salafi..klu mengikut yang saya tahu..hukumnya sama juga dengan mazhab syafie. Tapi qunut dilakukan sama ada sebelum atau selepas ruku'.

pak google said dari kaca mata salafi indonesia~

Bahwa doa qunut dalam sholat witir (di bulan Ramadhan, red) diperbolehkan dilakukan semua sepanjang tahun. [Ishaq bin Rahawaih memilih qunut (witir) dilaksanakan sepanjang tahun, simak Mukhtasar Qiyamullail 125, lihat juga kitab at-Tarjih fii Masaailil Thaharah was Shalah oleh DR. Muhammad bin 'Umar Bazmul hal 362-385. Dan kata Ma'mar:"Sesungguhnya aku qunut witir sepanjang tahun kecuali awal Ramadhan sampai dengan pertengahan saya tidak qunut, demikian juga dikalukan oleh Hasan al-Bahsri, ia menyebutkan dari Qatadah dan lainnya. Lihat Mushannaf 'Abdurrazzaq 3/120 dengan sanad yang shahih. Serta Dari Ibrahim an-Nakha'i telah berkata 'Abdullah:"ia tidak pernah qunut Shubuh sepanjang tahun dan ia qunut witir setiap malam sebelum ruku'." Kata Abu Bakar Ibnu Abi Syaibah:"Ini atsar yang kami pegang. HR Ibnu Abi Syaibah 2/305-306 atau 2/205]".

hope. Keterangan ini dapat memahamkan kekeliruan yang dialami oleh sahabat saya dan juga saya. Moga ibadah kita diterima ALLAH. Tak boley cakap salafi kat cinie sebab ramai yang alergi salafi indonesia. So stop sampai sini sahaja mengenai hukum bacaan qunut terawikh~~

YUkk mengejar cinta dan kasih sayang ALLAH. Tingkat amal ibadah sepanjaang bulan ramadhan. Kejar lah malam lailatul qadr. Sungguh malam i2 lebih baik dari sebulan bulan. Moga kita sama2 memperolehinya.. Ameen.

p/s 1 : ramai yang balik raya awal. Tukar tiket la jawabnya~~slmat menunaikan ibadah puasa. Stop thinkg abot balik raya.
p/s 2 : adek saya yang bongsu..kol memesan ntah apa2. Jawabnya elaunku habes untuk dia jela..huhu

3 comments:

hidayah itu petunjuk : ) said...

nak balik x? org baru nak ambil...

qamarunnajami said...

balik dulu..i balik nek bas

mutasyabiha said...

u balik i follow..